Rabu, 06 Mei 2009

Rumah Bertahtakan Intan Berlian

Dalam Al-quran surat Al-Hadid : 11, Allah SWT berfirman yang artinya :"Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik maka Allah akan melipatgandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak".


Ketika mendengar ayat tersebut, seorang sahabat Anshar bernama Abu Dahdah datang menemui Rasulullah SAW, Ya Rasulullah, benarkah kalau kita berinfak sama dengan menjamin Allah sebagai Qardl? "Benar wahai Abu Dahdah" . jawab Rasulullah SAW. "Ya Rasulullah, kemarikan tanganmu". Rasulullah SAW lalu mengulurkan tangannya kepada Abu Dahdah, setelah tangan Rasulullah SAW dipegangnya, ia berkata "Mulai hari ini aku pinjamkan kepada Allah pekaranganku. Didalamnya ada 600 pohon kurma."

Rasulullah SAW pun ia bawa ke halaman rumah itu dan dipanggilah istrinya. "Wahai Ummu Dahdah". "labbaik ya suamiku". Istrinya menjawab. "Rumah ini dan segala isinya telah aku pinjamkan kepada Allah, sebab itu marilah keluarkan seisi rumah dan anak-anak sekaligus".

Menurut riwayat, sang istri Ummu Dahdah segera menyambut dengan ucapan, "Jual beli yang beruntung, wahai suamiku tercinta Abu Dahdah".
Keduanya lalu berkemas, mengeluarkan harta yang perlu dari rumahnya. Melihat itu Rasulullah SAW bersabda "Allah akan menggantikan untuk Abu dahdah sekeluarga rumah di Surga bertahtakan Intan Berlian". Subhanallah...

Segelintir kisah ini tentunya bagi orang-orang yang memiliki iman akan menggugah, betapa besar ganjaran yang Allah SWT berikan kepada Abu Dahdah yang mewakafkan halamannya untuk dimanfaatkan. Bagaimana dengan kita yang meiliki tanah berhektar-hektar dimana-mana? Surga menanti orang-orang yang dermawan....

Baca juga yang ini .......

Berita Nasional