Selasa, 16 Desember 2008

Ternyata .... Semua hal akan terjadi sesuai qadha dan qadar

Segala sesuatu akan terjadi sesuai dengan ketentuan qadha dan qadar Allah SWT. Ini merupakan keyakinan orang-orang Islam dan para pengikut setia Rasulullah SAW, yakni keyakinan bahwa segala sesuatu didunia ini tidak akan pernah ada dan tidak akan pernah terjadi tanpa sepengetahuan, izin dan ketentuan
Allah SWT.

Tidak ada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tiada pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis didalam kitab (lauh Mahfudz) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (QS. Al-Hadid:22)

Dan sesungguhnya akan kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS. Al-Qamar:49)

Rasulullah SAW bersabda : Jika engkau memohon, maka memohonlah kepada Allah, dan jika engkau minta pertolongan mintalah kepada Allah. Ketahuilah bahwa seandainya seluruh makhluk berkumpul untuk memberikan manfaat kepadamu berupa sesuatu, niscaya mereka tidak akan mampu memberikan manfaat kepadamu selain berupa sesuatu yang telah ditetapkan Allah bagimu. Dan seandainya mereka semua berkumpul untuk mencelakankanmu dengan sesuatu, niscaya mereka tidak akan mampu mencelakakanmu kecuali dengan sesuatu yag telah ditetapkan Allah atasmu. Pena-pena telah kering dan lembaran-lembaran telah dilipat.

Beliau juga bersabda : Kejarlah apa yang bermanfaat untukmu, dan mintalah pertolongan kepada Allah. Jangan mudah menyerah dan jangan pernah berkata "kalau saja aku melakukan begini pasti akan jadi begini" Tapi katakanlah "Allah telah mentakdirkan, dan apa yang Dia kehendaki pasti akan Dia Lakukan".

"Allah tidak menentukan qadha bagi hamba kecuali qadha itu baik baginya".

Allah SWT berfirman :
"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui (QS. AL_Baqarah : 216)

1 komentar:

  1. Qadha dan Qadhar udah ditetapkan oleh Allah SWT jauh sebelum manusia itu diciptakan

    BalasHapus

Baca juga yang ini .......

Berita Nasional