Minggu, 25 April 2010

Adab Bersedekah

Islam menganjurkan umatnya untuk memperhatikan adab dalam bersedekah atau berzakat. Hal ini dimaksudkan agar orang yang membutuhkan harta dapat menikmati hartanya dengan baik, sementara orang yang bersedekah juga mendapat pahala maksimal.
Berikut adab-adab dalam bersedekah
1. Menyegerakan sedekah ketika sudah waktunya. Hal ini untuk menampakkan rasa suka cita muzakki dalam memenuhi perintah Allah SWT untuk membahagiakan fakir miskin.
2. Menyembunyikan sedekah dengan meminimalisir orang yang mengetahuinya agar amal baik tidak dikotori oleh godaan riya. Juga menjaga agar mustahiq tidak terbuka rahasia kefakirannya.
3. Adapun kalau ia yakin tidak akan riya, ia dapat menampakkannya agar diketahui oleh orang lain dengan catatan orang lain akan meneladaninya.
4. Jangan merusak sedekah dengan mengungkit-ungkit kembali pemeberiannya. Termasuk menyakitiorang yang menerima sedekah.
5. Berapapun nilai harta yang disedekahkan kita harus mengganggap sedikit karena kalau sampai menganggap banyak maak kita akan ujub (bangga) dengan pemeberian itu. Dari ujub inilah akan timbul takabbur yang pada akhirnya kana menghilangkan pahala sedekah.
6. Menyeleksi orang yang akan menerima sedekah atau zakat dengan tidak terpaku pada delapan golongan yang berhak menerima zakat. Hal ini dimaksudk agar muzakki tidak hanya mendapat pahala zakat atau sedekah saja tapi juga pahala ukhuwah

Baca juga yang ini .......

Berita Nasional