Jumat, 30 Januari 2009

Ternyata dosa kecil juga dapat membinasakan seseorang

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abdullah ibn Mas'ud r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda "Jauhilah dosa-dosa kecil ! Jika terkumpul pada seseorang, dosa kecil dapat membinasakan". Rasulullah SAW lalu membuat perumpamaan tentang dosa kecil, "Suatu kaum singgah dipadang tandus. Masing-masing pergi dan kembali dengan membawa dahan dan ranting kecil sampai terkumpul banyak. Mereka lalu menyalakan api. Dengan api dari kumpulan dahan dan ranting kecil

itu, apa saja yang dilemparkan ke dalamnya menjadi matang".

Demikianlah perumpamaan dosa kecil yang dikerjakan oleh manusia, tanpa disadari dosa-dosa kecil akan bertambah banyak dan akan menjelma menjadi dosa besar yang bisa mendatangkan murka Allah SWT.

Camkanlah bahwa dosa dan maksiat berbahaya ! Bahaya dosa dan maksiat bagi hati tak ubahnya seperti bahaya racun bagi tubuh dengan beragam tingkatnya. Bukankan keburukan dan penyakit didunia dan akherat disebabkan oleh dosa dan maksiat?

Apa gerangan yang menyebabkan Adam a.s dan Hawa a.s terusir dari surga, negeri penuh dengan kenikmatan, kesenangan dan kegembiraan menuju negeri yang penuh dengan penderitaan, kesedihan dan bencana.

Apakah gerangan yang meneggelamkan seluruh penduduk bumi hingga air menutupi puncak-puncak gunung pada masa nabi Nuh a.s. Apakah gerangan yang membuat angin membanting kaum Ad sehingga mereka bergelimpangan dimuka bumi bagai pongkol pohon kurma yang keropos ?. Angin telah menghancurkan rumah, ladang, tanaman dan ternak mereka agar menjadi pelajaran bagi umat lain sampai hari kiamat.

Apakah yang menyebabkan Firaun dan pengikutnya ditenggelamkan dilautan kemudian nyawa mereka dilempar ke neraka jahannam sehingga tubuh mereka dibiarkan didalam air dan ruh mereka dibakar?

Apakah yang menyebabkan petir dikirim kepada bangsa Tsamud dan merobek jantung mereka sampai mati? Apakah yang menyebabkan awan bencana dikirim kepada kaum Syu'aib a.s dan ketika awan itu berada diatas mereka, lalu diturunkan berupa api yang menyala-nyala? Ternyata semuanya disebabkan oleh perbuatan dosa dan maksiat yang dilakukan.

Dalam masnad Imam Ahmad Umm Salamah bercerita : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda "Bila maksiat sudah merajalela sedemikian rupa pada umatku, niscaya Allah mendatangkan siksa-Nya secara merata" Aku bertanya, "Wahai Rasulullah, tidakkah ditengah-tengah mereka ketika itu ada orang-orang yang sholeh? Beliau menjawab "Ya, ada ". "Kalau begitu bagaimana mereka diperlakukan ?" tanyaku lagi. Beliau SAW menjawab, "Mereka pun terkena bencana (sama) yang menimpa orang-orang, (tetapi) kemudian mereka mendapat ampunan dan ridha dari Allah SWT".

Oleh karena itu marilah kita selalu berusaha untuk menjauhi perbuatan dosa walaupun itu tergolong dosa kecil, apalagi dosa besar.Perbanyak istigfar dan taubat, semoga Allah SWt mengampuni serta memperbaiki perbuatan kita, karena tidak ada satupun manusia (kecuali Rasulullah SAW) terbebas dari perbuatan dosa dan maksiat.Setan akan selalu berusaha untuk menggelincirkan semua manusia dari jalan kebenaran, hanyalah rahmat Allah SWT yang bisa menyelematkan kita dari pengaruh itu. Kalau bukan karena Rahmat dan hidayah Allah SWT, maka semua manusia pasti akan tersesat.

"Ya Allah .... aku berlindung kepada-Mu dari gangguan syaitan, dan aku berlindung kepada-Mu dari kedatangan mereka"

Walhamdu lillahi Rabbil Alamin.

1 komentar:

  1. wah...wah... darikecil menjadi besar... perbanyak Istigfar..

    BalasHapus

Baca juga yang ini .......

Berita Nasional